KLANTINK



-------------------------------------------------------------------------------------

Sudah beberapa tahun belakangan, saya tidak pernah tertarik dengan acara pencarian bakat di televisi swasta kita. Babak audisi justru lebih seru dari pada harus menonton pertunjukan memperebutkan tempat utama di final, yang ditentukan oleh banyaknya sms dukungan.

Sejak dari AFI, Indonesian Idol, Kdi, API, ato apalah. muak saya dengan kondisi seperti ini....

Dan beberapa bulan yang lalu, muncul acara Indonesia Mencari Bakat, sebuah ajang pencarian bakat yang ditayangkan di TRANSTV, seperti biasa, saya sering mengikuti babak audisi, karena banyak komedi-komedi satir yang muncul, dan itu yang membuat saya terhibur dari pada kualitas bakat peserta itu sendiri.

Sampe akhirnya bakat-bakat tersebut disaring untuk tampil reguler tiap akhir pekan di tv. Kalo bukan karena mertua saya yang nonton, saya nggak akan ikut nonton (maklum tv masih numpang ama mertua hi hi hi).

Saya tahu bahwa salah satu bakat itu adalah Klantink, kelompok pemuda pengamen jalannya yang mengadu nasib mereka.

Saya berpikir, group sekelas mereka bisa apa sih ? apa mereka kenal komposisi? aransemen? harmonisasi? vokal juga paling pas-pasan....:D


Saya berpikir mereka tak lebih dari kumpulan sampah yang mendapat belas kasihan, untuk dijadikan obyek untuk meningkatkan rating acara. Saya paling benci dengan eksploitasi semacam ini.

Sampai suatu ketika nonton (bersama mertua dan pertama kalinya menyaksikan Klantink),
Klantink sedang tampil dengan membawakan medley Wind of change-nya Scorpoins, Hancur hatiku-Olga, Pesawat tempurku-Iwan fals.....

Sampai mereka mengakhiri penampilan mereka dengann aksi perkusif mereka, yang dapat saya lakukan hanya BENGONG......yah BENGONG karena tidak ada sesuatu yang dapat saya ucapkan untuk mewakili perasaan saya saat itu.

Semoga praduga saya yang membabi buta selama ini tentang mereka, terbayar lunas dengan satu penampilan luar biasa mereka. Saya tersadar apabila saya terlalu menghakimi label "Pengamen Jalanan" mereka tanpa mau untuk melihat "Isi" mereka.

Dan mulai hari itu, saya tertarik untuk mengkoleksi video-video penampilan mereka.
Sungguh luar biasa apa yang mereka tampilkan, memang bukan sebuah penampilan yang sempurna dan murni orisinil, tapi mereka punya taste dengan aransemen ala keroncongnya (aransemen keroncong adalah bukan jenis aransemen yang mudah dimainkan walau suara yang dihasilkan terdengar simple)

Dan yang cukup mencengangkan adalah, ternyata skill individu hampir merata, hampir semua personil dapat berotasi memainkan alat musik, ditambah kemampuan perkusif mereka. Salut buat mereka.

Seorang teman pernah berkata kepada saya "Kalo kamu dukung Klantink, sms dukungan dong...."
dan kemudian saya jawab "Tanpa menjadi pemenang IMB pun, Tuhan pasti akan menjawab kerja keras mereka"

Dan sampai tadi malam, ketika Klantin terpilih menjadi Bakat Pilihan dalam Indonesia Mencari Bakat, saya tidak pernah mengirim 1 sms pun, karena saya yakin, bakat mereka sangat luar biasa (tanpa mengecil artikan bakat-bakat peserta yang lain), dengan ato tanpa IMB, Klantink layak mendapatkan tempat dihati Indonesia.


Selamat kepada Klantink, Stop euforia kemenangan anda, kembalilah ke JALANAN.
Rekan2 anda di jalanan yang membuat anda besar, Sekarang saatnya untuk membesarkan rekan2 anda di jalanan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

My Journey Design by Insight © 2009